IMPLEMENTASI STAR SCHEMA DALAM PEMBANGUNANAN DATA WAREHOUSE PENJUALAN PRODUK TOUR
Evi Triandini, M. Syamsu Rijal, Made Pradnyana Ambara
PDF (article)
Download |
|
PDF (similarity)
Download |
|
PDF (korespondensi)
- |
|
Link Resmi Jurnal
View |
Abstract
Salah satu factor yang mendukung kemajuan sebuah perusahaan adalah kemampuannya untuk menganalisa pasar dengan baik. Perilaku konsumen harus mampu ditangkap dengan baik oleh perusahaan, sehingga menajerial dapat mengevaluasi dan menganalisa untuk menghasilkan kebijakan strategis. Data warehouse bisa dijadikan sebagai solusi baru untuk mengatasi permasalahan manajemen terkait dengan informasi penjualan dari waktu ke waktu. Permasalahan yang akan diselesaikan dalam penelitian ini yaitu bagaimana mengimplementasikan data warehouse untuk mengelola data penjualan produk tour dalam beberapa periode? Tujuan penelitian ini yaitu menghasilkan aplikasi data warehouse yang mampu memberikan informasi yang diperlukan oleh perusahaan untuk menentukan kebijakan strategis. Penelitian ini akan menggunakan Nine Steps Design Methodology dari Ralph Kimball untuk merancang skema data warehouse. Sedangkan skema pemodelan dimensional yang digunakan adalah Star Schema, dikarenakan kecepatannya dalam proses pemanggilan data. Penelitian telah menghasilkan sistem data warehouse penjualan produk tour yang menampilkan informasi penjualan produk tour menggunakan grafik dan dilengkapi detil data jika diperlukan untuk dilihat. Sistem juga memberikan kemudahan bagi pengguna untuk melihat data sesuai dimensi yang diperlukan misalkan dimensi client, vendor dan category. Hal ini memudahkan manajemen untuk mengetahui sebaran penjulan produk sesuai dengan dimensi tersebutmenampilkan informasi yang diperlukan oleh manajemen.